Review Toyota Raize TSS Test Drive Mobil Pintar

Berita Otomotif – Toyota terus berinovasi dengan menghadirkan mesin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc Turbo berkode 1KR-VET yang berperforma tinggi. “Kita akan buktikan bersama-sama kemampuan mesin 1.000 cc-nya,” kata Judianto, Operation Manager Auto2000 Jatim (8/6/2021).

media test drive toyota raize

Berangkat dari Auto2000 Ahmad Yani, Surabaya, rombongan media diajak mencoba Toyota Raize 1.0T GR Sport TSS menuju Highland Grill di kaki Gunung Arjuno, Lawang, Kabupaten Malang.

Faris Henky Kurniawan, Korwil Auto2000 Wilayah 2 menuturkan, “Rute ini sengaja dipilih karena menyuguhkan kombinasi medan yang beragam, mulai kepadatan lalu lintas saat menuju tol, jalan bebas hambatan dan jalan menanjak, sehingga rekan-rekan dapat merasakan kemampuan Toyota Raize secara lengkap.”

mesin toyota raize gr sport 1000cc turbo

Di atas kertas, mesin 1KR-VET 1000 cc tiga silinder turbo memiliki daya 98 PS pada putaran 6000 rpm. Sementara torsinya mencapai 140,23 Nm saat berada di 2400 – 4000 rpm. Artinya torsi Toyota Raize sebanding dengan deretan mobil 1.500cc seperti Toyota Rush (139 Nm), Mitsubishi Xpander (141 Nm) dan Honda Mobilio (145 Nm).

seat height adjusterSeat height adjuster, menyetel tinggi rendah jok pengemudi

Soal kenyamanan, pengaturan setir Raize memang belum dilengkapi setelan teleskopik, hanya ada tilt-steering. Tapi posisi mengemudi ideal bisa diimbangi dengan menyetel ketinggian height-seat-adjuster.

Khusus varian GR Sport dilengkapi dengan paddle shift untuk perpindahan gigi lebih agresif tanpa mengurangi fokus ke jalan. Setir di semua varian GR Sport berbalut kulit, memberi sentuhan elegan di area pengemudi.

dasbor toyota raizeSemua varian Toyota Raize menggunakan instrumen display layar TFT 7 inci, dan head unit 9 inci dengan interactive display (varian turbo)

Mempunyai bobot yang ringan, akselerasi Raize terasa lebih nendang.

Bila kita mengaktifkan tombol Power drive mode, tenaganya sudah mulai menyentak dari putaran bawah. Ini karena torsi maksimum Toyota Raize diperoleh pada RPM 2400. Untuk mode Economy, jambakan akselerasi baru terasa bila kita menginjak gas lebih dalam.

Pembuktian performa sebenarnya ketika mobil ini dipacu pada kecepatan tinggi. Tombol power mode-nya benar-benar berfungsi untuk memuntahkan semburan tenaga mesin 3 silinder turbo ini. Meski akselerasinya tajam, namun tidak terasa hentakan berkat transmisi cerdas CVT-nya yang smooth.

Seolah menepis keraguan, Toyota Raize 1.0T GR Sport CVT TSS yang dijajal Otojatim mampu menggapai kecepatan 160 km/jam di Tol Surabaya – Malang.

top speed toyota raize turboKecepatan maksimum Toyota Raize dengan empat penumpang bongsor

Kami yakin, kecepatan tersebut sangat mungkin masih bisa bertambah bila jumlah penumpangnya hanya satu alias cuma driver saja. Saat melakukan pengetesan, mobil dikendarai empat orang dengan bobot yang cukup signifikan.

Dengan sasis baru berplatform TNGA, karakter pengendaliannya stabil dan nge-grip di aspal. Kami jamin Raize jauh lebih fun-to-drive ketimbang Avanza atau Rush. Hal itu kami buktikan ketika melibas tikungan panjang di ruas tol Pandaan-Malang usai exit Pandaan kalau dari arah Surabaya.

Hanya saja harus diakui ketika kecepatan di atas 135 km/jam, bodi mobil mulai bouncing alias banyak pantulan di suspensinya. Apalagi baris belakang dimuati penuh. Khususnya bila melintasi tol beton (non-aspal) yang banyak sambungannya, seperti Tol Surabaya – Malang.

Gejala limbung memang muncul namun bisa dieliminir oleh fitur VSC (Vehicle Stability Control) yang secara aktif mengurangi risiko terjadinya goyang berlebihan.

Ini bisa menjadi masukan buat pabrikan agar meracik suspensi Raize menjadi lebih lembut namun tetap stabil. Tapi kami tidak berharap banyak, karena inilah karakter stiff yang sangat umum pada suspensi kendaraan hasil kerjasama Toyota-Daihatsu. Mungkin faktor pricing mungkin menjadi pertimbangan produsen.

Di varian tertinggi ini (1.0T GR Sport TSS), Toyota melengkapi Raize dengan fitur keselamatan canggih yaitu Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring. Bahkan ada yang belum dimiliki pesaing di kelasnya.

Sebut saja Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Miss-operation Control, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control dan Front Departure Alert. Semua itu belum pernah disematkan pada mobil kelas Rp200 jutaan.

Pada sesi pengetesan kali ini, kami juga merasakan kepintaran Toyota Raize berjalan sendiri dengan melepas gas, rem dan setir. Baik saat melaju di jalan tol, maupun merayapi tanjakan menuju Highland Grill Gunung Arjuno di Dusun Gemuk Utara, Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Harga Toyota Raize di Surabaya :

  • Varian 1.0T GR Sport CVT dipasarkan dengan harga Rp263.383.000 (One Tone) dan Rp 265.983.000 (Two Tone).
  • Sementara varian 1.0T GR Sport TSS CVT dibanderol Rp281.133.000 (One Tone) dan Rp283.533.000 (Two Tone)

Foto-foto Toyota Raize GR Sport:

adaptive cruise controlMengaktifkan adaptive cruise control. Kendaran akan mengikuti kecepatan mobil di depannya. Dengan tetap menjaga jarak aman. Sehingga pedal gas dan rem akan sepenuhnya diatur oleh komputer. Termasuk setir akan mengoreksi kemudi bila kendaraan keluar dari jalur garis putih. Bahkan mampu mencegah keluar batas aspal untuk jalan tanpa marka saat fitur ACC aktif (lane keep assist).

 

Rear parking cameraRear parking camera

 

konsumsi bbm toyota raizeMoncong Raize mengedepankan unsur sporty. Headlight di semua Varian GR Sport dilengkapi dengan DRL dan lampu sein sekuensial, dan sideskirt merupakan standar di semua varian 1.0T GR Sport

 

ukuran ban serep toyota raizeVarian GR Sport dibekali roda 17 inci dengan ban 205/60-17 dan pelek bercat hitam terkesan gagah dan eksklusif, termasuk ban serepnya

 

seat-belt reminderSafety belt reminder untuk semua penumpang

 

space bagasi toyota raizeRuang bagasi lapang dan rata bila jok belakang dilipat
kelebihan dan kekuranggan toyota raizePerangkat Aero Kit (bumper depan-belakang dan sideskirt) didesain tak hanya sporty, tapi juga mendongkrak aspek aerodinamika.
Selama melakoni test drive dari Surabaya ke Malang pulang pergi, kami mendapati konsumsi BBM Toyota Raize 1.0 Turbo mencapai 1 liter :13,5 km. Metode pengukuran bebas, melewati tol dan tanjakan. Sering digas pol dan stop and go untuk keperluan foto.(*)